Follow us

MODUL AJAR KURIKULUM DEEP LEARNING

PANDUAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM DEEP LEARNING


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau modul ajar merupakan perangkat administrasi yang tidak terpisahkan dalam tugas guru. Modul ajar berfungsi sebagai panduan dan alat bantu guru saat mengajar. Materi apa yang akan diajarkan, bagaimana langkah-langkah pelaksanaannya, dan bagaimana cara menilai proses dan hasil belajar murid tercantum pada modul ajar.

Sejalan dengan implementasi pembelajaran mendalam (deep learning), guru juga diharapkan dapat menyusun modul ajar yang mencerminkan deep learning dari mulai pendahuluan, kegiatan inti, hingga penilaiannya. Tentunya didukung dengan sumber belajar, media ajar/alat peraga, dan strategi pembelajaran  yang digunakan. Karakter deep learning yang utama adalah mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan tingkat tinggi, dan kreativitas murid melalui pembelajaran kontekstual kontruktivisme secara sadar (mindful), bermakna (meaningful), dan menyenangan (joyful) sehingga murid bisa memahami, mengaplikasikan, dan merefleksikannya.

Pada dasarnya modul ajar, termasuk untuk pembelajaran deep learning, formatnya tinggal mengadaptasi  atau mengembangkan dari contoh yang sudah ada. Komponen modul ajar sedikitnya terdiri dari; tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, asesmen, dan media pembelajaran (Kemendikbudristek, 2024). Walau demikian, guru diberikan keleluasaan untuk mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan, konteks, dan karakteristik murid.

Intinya, buatlah modul ajar yang mudah digunakan oleh guru dan juga murid. Jangan sampai modul ajar menjadi beban atau kendala bagi guru. Murid tidak terlalu peduli seberapa tebal atau seberapa detil modul ajar, tetapi yang akan diperhatikan oleh murid adalah cara guru mengajar di kelas. Apakah menyenangkan atau tidak. Apakah penjelasannya mudah dipahami atau tidak.


Contoh modul ajar deep learning dapat dilihat pada Link di bawah ini.

https://deepinlearning.wordpress.com/2025/03/01/modul-ajar-kurikulum-deep-learning/ 

Berikut adalah contoh modul ajar deep learning yang bisa diadaptasi oleh guru.  

- Nama Sekolah                   : SMP Deep 

- Mata Pelajaran                  : IPA 

- Fase/Kelas / Semester     :

- Jumlah Pertemuan/JP      : 3 pertemuan x 4 JP 

- Profil Lulusan: keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME, penalaran 

      kritis kewargaan, kolaborasi, komunikasi, kesehatan dan kreativitas. 

- Materi                               : Manfaat Air dalam Kehidupan 

- Tujuan Pembelajaran     :  Melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, pemodelan, praktik, dan observasi murid  mampu: 

1. Menjelaskan konsep air

2. Menjelaskan manfaat air untuk kehidupan. 

3. Menyebutkan beragam sumber air

4. Mengidentifikasi ciri-ciri air kotor dan air bersih. 

5. Memahami proses terjadinya hujan sebagai sumber air bagi makhluk hidup.  

6. Menganalisis pentingnya menjaga hutan sebagai penyimpan air

7. Mampu menjernihkan air dengan menggunakan media dan teknik sederhana. 

 - Sumber belajar :  

1. buku teks dan buku penunjang. 

2. Link video proses terjadinya hujan: 
https://www.youtube.com/watch?v=SI6gkV0XTdQ
  

3. Link  video perbedaan air bersih dan air kotor: 
https://www.youtube.com/watch?v=lAzs7Mncc2E
  

4. Link video krisis air bersih di Indonesia: 
https://www.youtube.com/watch?v=tQUIqUodmRY
  

5. Link video fungsi hutan sebagai sumber dan penyimpan air:
https://www.youtube.com/watch?v=7ifbgggh1KI
  

6. Link  video teknik penjernihan air sederhana: 
https://www.youtube.com/watch?v=WFk_FCrsojc
  

7. Lingkungan kelas, dll. 

 

- Media/alat Peraga : gambar, video, dan alat/bahan penjernih air

- Langkah-langkah Pembelajaran (3 pertemuan x 4 JP)  





Tidak ada komentar:

Kunjungi

Diberdayakan oleh Blogger.